top of page
  • Writer's pictureKALIUDA Gallery

3 Tips Memilih Furniture yang Tepat untuk Ruang Tamu



Tips Memilih Furniture yang Tepat untuk Ruang Tamu - Ruang tamu bisa dibilang salah satu ruang paling penting. Sering kali ruang tamu menjadi tempat pertama bertemu saat masuk, dan mungkin di mana Anda dan keluarga menghabiskan sebagian besar waktu bersama.


Untuk alasan ini, sangat penting untuk menciptakan style Anda sendiri di ruang tamu ini. Anda pastinya ingin ruang tamu mencerminkan kepribadian Anda. Ruang tamu sebaiknya dirancang dengan baik dan nyaman bagi semua orang yang menggunakannya, baik keluarga maupun tamu. Pilihan furniture sangat penting dalam hal relaksasi, menerima tamu dan untuk daya tarik visualnya.


Bila Anda memilih furniture, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti kualitas, ukuran dan daya tarik estetika. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah Anda ingin memiliki tema untuk ruang Anda, dan apakah Anda menginginkan ruang tamu formal atau informal. Jika ruang tamu Anda terbuka ke dapur, Anda juga ingin mempertimbangkan untuk berkoordinasi dengan ruang itu.


Sekarang mari kita lihat bagaimana merencanakan dan memilih furniture yang tepat untuk ruang ruang tamu Anda.


1. Buat denah lantai


Jika Anda bertanya-tanya bagaimana memilih furniture ruang tamu, mengingat ukuran ruangan Anda adalah langkah awal untuk merencanakan apa yang bisa masuk di dalamnya. Sebaiknya buat denah lantai di atas kertas sehingga Anda bisa mengetahui berbagai cara pemasangan furniture yang menarik perhatian Anda. Dengan menggunakan pita pengukur (meteran) hitung dimensi ruangan Anda. Perencanaan membantu Anda memanfaatkan semua ruang yang tersedia dengan efisien, sehingga menghindari kekacauan. Ini juga membantu Anda untuk memasukkan ruang untuk sirkulasi di sekitar perabotan Anda.


Catatan: Ukurlah pintu Anda. Jika perabotan yang Anda pesan datang, pastikan bahwa furniture itu bisa masuk melalui pintu Anda saat waktu pengiriman tiba.


2. Catat perabot apa saja yang dibutuhkan


Ingat, saat mengukur ruang Anda, catat perabotannya agar Anda tidak memesan barang yang tidak sesuai dengan ruang tamu Anda. Penting juga untuk memilih furniture berukuran benar untuk ruang Anda. Jika ruang Anda berukuran kecil, furniture besar bisa terlihat 'sombong'. Begitu pula di sebuah ruangan besar, kursi dan meja kecil juga terlihat "mati".


Beberapa orang hanya menggunakan ruang tamu mereka, sementara yang lain menggunakan ruang ini untuk keperluan keluarga sehari-hari. Jika Anda hanya menggunakan ruang dari waktu ke waktu, Anda bisa membeli barang-barang yang lebih rumit tanpa khawatir. Namun, untuk ruang keluarga yang banyak digunakan, sangat penting untuk membeli barang tahan noda dan kokoh, terutama jika Anda memiliki anak.


3. Menentukan bentuk dan penempatan furniture


Pikirkan bentuk furniture Anda dan bagaimana penampilan Anda di ruang keluarga Anda. Furniture dengan bentuk bulat menempati lebih banyak ruang daripada potongan persegi atau kotak.


Dalam kasus furniture bersama, sangat penting untuk menempatkannya di tempat yang mudah dijangkau untuk memastikan semua keluarga dapat menggunakan potongannya. Misalnya, menempatkan meja kopi di tengah ruangan jauh lebih baik daripada menempatkannya di samping kursi yang hanya digunakan oleh satu orang. Juga, ingatlah untuk menempatkan TV di lokasi sentral.


Sekarang Anda memiliki semua yang direncanakan, Anda dapat beralih ke pemilihan furniture Anda. Untuk pilihan furniture kayu jati terbaik, bisa dilihat di sini. Atau jika ingin berkonsultasi gratis dengan interior designer kami, silakan hubungi di sini.


Inspirasi: www.kompasiana.com

Gambar: Google

19 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page